Welcome to our website and come join us!

Sabtu, 28 Februari 2015

Cara mencuci dan menyimpan sleeping bag.




Halo Rimbawan dan Rimbawati, Salam rimba.
Kali ini kami akan sharing beberapa tips bagi para rimba yang biasa menggunakan sleeping bag atau kantong tidur, baik untuk traveller atau pun acara camp di tempat yang bersuhu dingin. Dan tidak aneh lagi mungkin bagi para rimba yang seorang pendaki gunung. Untuk pendaki gunung sudah jelas dong di gunung-gunung tertentu air susah didapatkan dan kalau ada pun jarang sekali untuk membersihkan diri :D. Sudah kebayang dong kotornya sleeping bag jika terus-terusan dipakai tanpa perawatan. Okelah langsung saja, berikut adalah cara membersihkan dan merawat sleeping bag.


Mencuci Sleeping Bag.

  1. Gunakan bathtub atau baskom yang sekiranya cukup untuk merendam sleeping bag, dengan air hangat ataupun langsung air keran (biar cepat). Tanbahkan mild soap/sabun tanpa detergent seperti shampoo atau sabun bayi.
  2. Biarkan sleeping bag bag anda berendam sepenuhnya selama 20-30 menit.
  3. Kucek-kucek pakai tangan dengan lembut, kalau masih ada noda yang sedikit menempel sikatlah dengan lembut, jangan kasar nanti akan merusak lapisan tahan airnya. Kalau tidak bisa hilang juga, ya biarkan saja.
  4. Sudah beres dengan kucek-kucek, bilaslah seperti biasa hingga sabunnya hilang.
  5. Untuk membuang airnya cukup dengan cara meremas/menekannya saja. Jangan diperas dengan cara dipelintir, nanti akan merusak bahan dalamnya.
  6. Keringkan sleeping bag anda dengan cara digantung atau menggunakan hanger dan hanya diangin-anginkan saja. Jangan dijemur kena matahari langsung.
  7. Biasanya 24 jam dah kering, tergantung cuaca. Kalo sudah kering tinggal lipat dan simpan. 



Eiittssss tapi jangan asal juga untuk menyimpan sleeping bag ini, berikutlah caranya menyimpan sleeping bag yang baik dan benar versi rimba raya.


Cara Menyimpan Sleeping Bag.
Ada dua perlakuan terhadap penyimpanan sleeping bag anda, penyimpanan yang tidak terlalu lama (sering dipakai) dan untuk jangka waktu yang lama.

  1. Untuk anda yang sering bepergian, hingga tiap satu minggu sekali. Simpan dengan menggunakan kantung sleeping bag bawaannya tidak terlalu bermasalah, namun akan lebih baik dengan cara menghamparkannya saja atau dimasukkan kedalam kantung yang lebih besar agar tidak terKOMPRESI/tertekan saat penyimpanan.
  2. Untuk yang jarang bepergian atau hanya sesekali saja. Untuk penyimpanan dalam jangka waktu yang lama dapat anda hamparkan saja atau anda simpan didalam kantung yang lebih besar atau digantung didalam lemari menggunakan hanger atau loop pada kaki sleeping bag agar tidak terKOMPRESSI/tertekan pada saat penyimpanan sehingga bahan dalaman sleeping bag akan lebih awet tambahkan juga pengharum dan anti jamur ya.



Baiklah, sekian saja info dari kami, sekedar saran, lebih baik dirawat agar jangka waktu terpakainya lebih lama, dan sebaiknya benda ini dibersihkan setelah pemakaian agar tidak dijamuri.
Salam Rimba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar